Wednesday, 24 Jan 2018, 14.20.07

ROMANSA

Main | Blog | Registration | Login
Site menu
Section categories
Broken Heart Survival Guide [170]
ANDA SAMPAI DI HALAMAN INI, KARENA ANDA SEDANG MERASAKAN KEBINGUNGAN AKIBAT PATAH HATI DAN PUTUS CINTA KARENA BERPISAH DENGAN KEKASIH ANDA.
Share
Love Calculator
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Login form
Real Music

MusicPlaylist
Main » 2009 » September » 26 » Tentang Metamorfosis
16.16.09
Tentang Metamorfosis

Masalah, masalah dan masalah yang memang selalu kita hadapi dalam hidup ini. Kata-kata masalah memang sudah tak asing bahkan telah bercampur pilu dengan memori-memori kehidupan kita. Masalah adalah salah satu kata yang dapat memutar kembali tayangan-tayangan kehidupan yang bersemayam di pikiran kita. Masalah adalah satu hal yang dapat membuat kita menangis, putus asa dan terpuruk namun ia dapat merubah kita menjadi satu sosok yang lebih baik dari sebelumnya.

Kesalahan Presepsi

Di post sebelumnya pernah saya katakan bahwa kehidupan ini dipengaruhi oleh presepsi, beda presepsi maka berbeda pula hasil akhir yang didapat. Dan begitu pula dalam kategori masalah ini, banyak orang beranggapan bahwa kita harus menghindari masalah, banyak orang yang mencari-cari tips untuk menghindari masalah tapi apa yang terjadi? Apakah hidup mereka menjadi aman damai dan tentram dari masalah? 

Dalam hidup seringkali kita dihadapkan kepada sebuah pilihan dan dibalik pilihan itu pasti selalu ada masalah yang menanti kita. Dan ketika saat itu tiba kita pasti menimbang-nimbang pilihan yang harus kita ambil. Ya memang tidak salah, pemikiran dan pertimbangan adalah hal yang bijaksana. Namun bagaiman jika kita takut dengan masalah dan hal itu membuat kita menghindarinya? Kalau menurut saya sendiri, masalah itu bukanlah hal yang patut kita takuti. Tak sedikitpun.

Masalah hanyalah sebuah cobaan, dapat berupa sebuah teguran dari Tuhan. Masalah bukanlah untuk dihindari melainkan untuk dijalani, justru dengan menghindari hanya akan melahirkan masalah yang baru namun dengan kita menjalani suatu masalah dan dapat menyelesaikan pada akhirnya kita akan mengalami evolusi perubahan sikap yang lebih baik. Untuk lebih memahaminya kita simak kisah dibawah ini.

Terpetiklah sebuah kisah tentang adanya seorang anak lelaki yang dengan riangnya bermain-main dibawah rindangnya sebuah pohon. Ketika sedang asiknya bermain, tak sengaja ia melihat sebuah kepompong bergelantungan, anak itupun diam, ia penasaran dan tertarik dengan kepompong itu. Perlahan ia mendekatinya dan diambilnya kepompong tersebut dan tampaklah ada sebuah lubang kecil disana.

Anak itu tertegun mengamati lubang kecil tersebut karena terlihat ada seekor kupu-kupu yang sedang berjuang untuk keluar membebaskan diri melalui lubang tersebut. Ya kepompong ini akan bermetamorfosis menjadi seekor kupu-kupu yang indah. Ia berjuang, berjuang untuk keluar dan dapat menghirup udara segar. Kupu-kupu itu terus mencoba untuk melewati lubang tersebut yang bahkan tak lebih besar dari ukuran badannya sendiri. Namun suatu saat Ia berhenti, ia terlalu lelah untuk bisa keluar. Kupu-kupu itupun berbisik pada anak lelaki yang sedari tadi memperhatikannya "Tolonglah aku, aku terlalu besar untuk dapat keluar dari  lubang ini" Melihat usahanya yang sia-sia si anak menjadi iba dan mengambil keputusan untuk membantu si kupu-kupu keluar dari kepompongnya

Anak itupun merasa iba, dengan cekatan ia mengambil sebuah gunting dan berusaha mengeluarkan kupu-kupu tersebut. Dengan hati-hati ia mencoba membuka kulit kepompong dan Eureka ! Kulit kepompong pun dapat terbuka sehingga si kupu-kupu pun dapat menghirup udara segar, kupu-kupu tersebut merasa sangat senang ia mencoba mengembangkan sayapnya dan terbang ! Dan Haapp.. apa yang terjadi? Kupu-kupu tersebut terjatuh, ia tidak bisa terbang, mungkin sayapnya yg kecil tidak bisa mengangkat tubuhnya yang terlalu penuh dengan cairan itu. Ya, seharusnya kupu-kupu tersebut melewati lubang kecil yag ada pada ujung kulit kepompong tersebut dengan begitu cairan yang ada ditubuhnya dapat tertekan dan tersalur kepada sayapnya sehingga sayapnya dapat mengembang dan melebar. Namun apa daya? Nasi telah menjadi bubur, kupu-kupu cacat seumur hidup, ia menghabiskan sisa waktu hidupnya dengan menggeliat mengelilingi anak tersebut.

Anak itupun sadar, ia salah menilai. Usaha yang ia lakukan hanya memperburuk keadaan. Tidak seharusnya ia membantu keluar kupu-kupu itu, karena bahwa sesungguhnya perjuangan dan keberhasilan kupu-kupu itu melewati lubang dengan kekuatan sendiri adalah momen dimana kupu-kupu telah berkembang menjadi sesosok kupu-kupu dewasa yang kuat, yang dapat mengembangkan sayapnya dan terbang bersama rekannya melintasi cakrawala

Masalah Hadir Bukan Tanpa Alasan 

Ya masalah yang diberikan oleh Tuhan untuk kita adalah sebuah kebaikan untuk kita sendiri. Ingat? Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu tanpa sebab dan manfaat. Masalah tidak hadir dengan tanpa alasan begitu saja. Justru masalah inilah yang membuat terus kita berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Tuhan tidak bodoh dengan menciptakan masalah untuk kita. Justru karena Dia sayang pada kita umat manusialah masalah itu diciptakan sedemikian rupa. Namun, jika kita sadari di Kitab Suci pun Tuhan bersabda dan menjanjikan yang intinya adalah masalah yang diturunkan kepada kita, tidak akan pernah melebihi batas kemampuan kita untuk menyelesaikannya.

Artinya, Allah sudah tahu seberapa besar kemampuan kita untuk menerima masalah tersebut. Orang yang sangat amat lemah, tentu porsi masalahnya lebih sedikit. Sedangkan orang yang punya banyak kelebihan, masalahnya juga banyak. Coba bandingkan, karyawan sama pemilik bisnis masalahnya banyak mana? Ya pemilik bisnis lah. Karena masalah karyawan juga ikut menjadi masalah pemilik bisnis. Tuhan tidak memberikan kita sesuatu dengan sia-sia, meski itu sebuah nikmat. Ia akan memberikan cobaan-Nya terlebih dahulu dan menguji apakah kita pantas menerima nikmat-Nya atau tidak. Bukankah kita lebih bahagia ketika berhasil mendapatkan sesuatu dengan kerja keras? "Kita meminta kekuatan, dan TUHAN memberi kita kesulitan untuk kita hadapi dan membuat kita jadi kuat. Kita meminta kebijaksanaan, dan Tuhan memberi kita masalah-masalah yang harus dipecahkan. Kita meminta kemakmuran, dan Tuhan memberi kita otak dan dan kekuatan untuk bekerja. Kita meminta Keberanian, dan Tuhan memberikan masalah untuk dihadapi. Kita meminta cinta dan Tuhan memberi kita orang-orang untuk kita bantu. Kita meminta pertolongan dan Tuhan memberi kita kesempatan"

 

"Tidak pernah dicapai sesuatu yang sangat baik, kecuali oleh mereka yang berani percaya bahwa sesuatu di dalam diri mereka itu unggul dibandingkan keadaan "

Do not ask which creature screams in the night, Do not question who waits for you in the shadow. It is my cry that wakes you in the night, And my body that crouches in the shadow. I am Tzeench and you are the puppet That dances to my tune."

 ·  · Share ·
Category: Broken Heart Survival Guide | Views: 207 | Added by: avacschat | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Romansa
Calendar
«  September 2009  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930
Translate
Search
Entries archive
Site friends
  • Romansa





  • Romansa
    Currency
    Copyright Romansa©2009Eex Ferrilianto