Wednesday, 24 Jan 2018, 14.09.29

ROMANSA

Main | Blog | Registration | Login
Site menu
Section categories
Broken Heart Survival Guide [170]
ANDA SAMPAI DI HALAMAN INI, KARENA ANDA SEDANG MERASAKAN KEBINGUNGAN AKIBAT PATAH HATI DAN PUTUS CINTA KARENA BERPISAH DENGAN KEKASIH ANDA.
Share
Love Calculator
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Login form
Real Music

MusicPlaylist
Main » 2011 » January » 20 » Seputar pendapat tentang mantan pacar dalam sepengal kisah
12.29.48
Seputar pendapat tentang mantan pacar dalam sepengal kisah

Jujur, ini adalah notes terlama yang saya buat, terlama mengendap dalam menu notes di HP sejak tanggal 5 agustus 2010 sampai saat ini. Karena takut HP saya error lagi, ada baiknya saya upload di facebook. Biasanya setiap saya menulis notes ketika selesai atau sudah cukup panjang di depan judul saya tulis "fix", yang artinya siap di upload. Berhubung saya takut kehilangan notes ini, karena itu pada judul saya tambahkan "Never Fix Note Status" karena selalu akan saya update/edit.
Notes ini ada dalam pemikiran saya sejak seseorang memaksa saya untuk memikirkan tentang fakta fakta "MANTAN". Oke, kita mulai saja :
Yang pernah/sering pacaran pasti tahu: putus bukan berarti hubungan tersebut berakhir total, karena pasti masih akan ada banyak drama dgn mantan. Biasanya sehabis putus, masih suka kontek, jalan bareng, bahkan brantem sama mantan. Sulit lepas karena masih adanya ikatan emosional & rutinitas.Yang paling menderita biasanya pihak yang pengen balikan, sementara yang satunya dah ilfil &merasa terbeban oleh sikap sang mantan. Si mantan yg pengen balikan biasanya jadi ngejar abis2an. Terus kontek, ngajak jalan, ngerayu, ngemis, marah, bahkan nangis. Lama2 sikap si mantan jd maksa, nyebelin,& bikin ilfil beneran. Bener tidak? Bahkan banyak mantan yang rela nunggu bertahun tahun demi balikan. Akibatnya, pihak yang merasa terbeban & ilfil jadi tega menolak mantan dengan kasar & menyakitkan tanpa peduli perasaan yang lain. Hubungan yang sudah rusak jadi makin rusak. Kalau sudah begitu ujungnya jadi runyam, hubungan jadi rusak total, gak enak, & jadi saling benci sama mantan. Jadi musuhan. Tidak tahan dengan sakit hati & emosi negatif yang intens sehabis putus cinta, banyak orang pilih jalan termudah yaitu : menyalahkan mantan. 
Musuhan sama mantan itu hal yang umum. Mungkin tidak beneran ‘musuhan’, tapi jelas hubungan jadi minus. Menjauh & males antara satu sama lain. Sangat disayangkan kalau sampai musuhan sama mantan.
Bagaimanapun juga mantan adalah salah satu orang spesial yang kenal Anda begitu dalam. Mantan adalah orang yang tahu sisi terbaik dan sisi terburuk Anda. Orang yang paling dan sudah mengenal Anda. Hilang kontak dan musuhan sama mantan itu seperti kehilangan seorang sahabat terbaik dalam hidup Anda. Mungkin memang ada banyak perbedaan dan perselisihan dengan mantan, mungkin bahkan salah 1 pihak pernah brtindak kasar & menyakiti. Tapi mau bagaimanapun juga mantan adalah orang yang pernah singgah di hati dan pernah temani kita di masa senang ataupun sedih. Dia..Orang yang pernah Anda sayang.
Bagaimanapun juga mantan adalah orang yang pernah bikin Anda tertawa bahagia. Orang yang pernah sangat berarti dalam hidup Anda. Tentunya saya bicara soal mantan Anda yang memang sempet pacaran serius. Bukan mantan yang pacaran iseng atau maen2 doang. 
Sangat menjadi sebuah paradoks bila dulu Anda bilang cinta tapi sekarang kabar mantan aja anda tidak tahu dan tidak peduli. What does it make you? A liar?
Guys and ladys, hubungan Anda dengan mantan Anda bisa dijadikan sebuah value, penilaian yang menunjukkan kualitas diri Anda sebagai pasangan dan bagaimana Anda bisa menghargai sebuah hubungan!
Ingat! Mantan Anda adalah pasangan pilihan Anda sndiri waktu itu. Dengan menjalin hubungan dengannya pun adalah murni keputusan Anda! Jadi bila sekarang hubungan Anda dengan mantan jadi rusak, minus, atau malah saling benci, bukankah itu berarti kesalahan Anda?
Kalau sampai benci dengan mantan, bukankah itu brarti Anda membenci diri Anda sendiri yang telah mencintainya dahulu?
Bukankah itu berarti Anda tidak menghargai keputusan yang sudah Anda buat sndiri dan kemudian saat ini menyesali pilihan Anda sendiri? Wajar saja bila hingga hari ini hubungan Anda dengan pacar yang sekarang juga slalu dihantui keraguan. 
Logika sederhana, bukan?
Guys, bila Anda masih berhubungan dan berteman baik dengan mantan, berarti Anda adalah pasangan yang berkualitas baik, yang mnghargai arti sebuah hubungan. Bila Anda dan mantan masih saling mnghargai, artinya Anda tidak salah pilih waktu itu. Artinya Anda mengerti cara untuk membina hubungan yang baik dan sehat. Bila mantan Anda tetap bersikap manis dan memperlakukan diri Anda dengan baik, berarti dulu Anda adalah seorang partner yang hebat! Anda patut serta pantas untuk berbangga diri.
Bila Anda adalah partner yang hebat bagi mantan, berarti Anda layak jadi rebutan. Siapapun pacar Anda sekarang, dia sangat beruntung karena telah bisa bersama anda!
Meski tidak ada lagi embel - embel percintaan, tapi bila Anda dan mantan masih berhubungan baik, berarti Anda dan dia saling peduli satu sama lain. Saling menghargai dan saling peduli, bukankah itu inti dari semua hubungan yang kita jalin? Baik itu hubungan percintaan, keluarga, maupun sosial.
Hubungan Anda dengan mantan kandas, justru artinya Anda memang tidak cocok sebagai pasangan. Artinya Anda lebih cocok jadi seorang kawan atau sahabat. Jadi, bersahabatlah dengan mantan Anda. Karena ia adalah salah satu orang yang telah mengenal Anda luar dalam apa adanya.
Ada yang tanya, apakah saya dengan para mantan saya tetap berhub baik? Yap. Tetap dekat dan berteman sangat baik. Saya masih berhubungan dekat dan baik dengan semua mantan, tanpa ada embel - embel percintaan dan romansa lagi sama sekali. Murni sahabat. Walau ada kisah terpisah dibalik semua itu saat SEKARANG ini. Saya dan mantan masih suka kontak, saling tanya kabar ataupun ngobrol. Saling curhat-curhatan juga. Pernah suatu ketika mantan saya curhat tentang pria yang waktu itu PDKT sama dia. Sampe mereka jadian dan akhirnya menikah, saya tahu smua cerita dari dia langsung. Ketika mantan saya akan menikah, saya orang pertama yang diberi tahu. Secara spesial dia minta saya datang ke pernikahannya. Ketika mantan saya itu akhirnya positif hamil, selain suaminya, saya juga orang pertama yang diberi tahu. Senang banget dengernya, karena orang yang dulu kita sayangi bisa bahagia. Meski hubungan saya dulu dengan mantan kandas, tapi saya tetap peduli padanya dan yang pasti saya tulus ingin dia bahagia. Begitupun dia.
Bukan berarti saya tidak bisa lupakan mantan dan masih ngarep padanya, atau sebaliknya dia yang masih ngarep pada saya. Bukan!
Saya hanya tidak ingin melupakan kenangan bersama dengan mantan, karena itu adalah kenangan yang berharga dalam alur cerita kehidupan kita. Saya menghargai dan ingin menyimpan kenangan dengan mantan karena itu adalah bagian dari sejarah hidup saya.
Sekarang saya ada di titik ini berkat para mantan saya. Kisah -kisah saya dengan mereka adalah Bab - bab penting dalam buku kehidupan saya. Tapi kenangan hanyalah kenangan, untuk disimpan dalam sebuah laci di dalam hati. Bukan berarti saya mau mengulang dan mengalaminya lagi!
Ingat loh, menyimpan dan menghargai kenangan dengan mantan bukan berarti Anda tidak mencintai pacar Anda yang sekarang sepenuhnya! 
Hanya karena ada "folder” berisi kenangan bersama dengan mantan, buka berarti OS Windows Anda jadi tidak bisa berfungsi, bukan?
Yah, seperti itulah istilahnya, kenangan Anda dengan mantan hanyalah sebuah "folder” di hati Anda. Itu saja. Bila Anda pikir hubungan dekat dengan mantan tanpa ada tambahan macem - macem itu sepertinya MUSTAHIL tercipta, maka Anda salah besar. Bila Anda pikir hubungan dekat dengan mantan MUSTAHIL tercipta dengan tulus, maka Anda perlu kaji ulang persepsi Anda tentang apa itu sebenarnya hubungan dan cinta, silahkan buka kembali notes saya di awal, disitu saya sudah mengupas tuntas tentang hal itu.
Memang benar, sampai kapanpun mantan akan selalu jadi mantan. Tidak mungkin jadi teman biasa, karena ada ikatan memori yang khusus. Tapi akan terjadi sangat mungkin untuk bina hubungan dekat yang murni tulus dengan mantan. Saling peduli dan menghargai kenangan yang dimiliki bersama. Karena itu, mantan akan jadi "sahabat khusus”. Lebih dari teman biasa, tapi juga tanpa ada unsur cinta-cintaan lagi sama sekali. Kecuali jika kalian berdua masih menginginkan untuk kembali menjalin kisah lama, karena adanya rasa, janji, atau hal apapun yang masih mengikat anda berdua.
Saya kasih tahu nih beberapa fakta umum bahwa mantan akan selalu punya tempat khusus dalam kehidupan Anda jika : 
1. Anda suka mengecek profile Facebook dan info-info lainnya tentang mantan Anda! Hayoo..Ngaku! Tapi tidak apa-apa, karena dia juga ngecekin Anda kok. Wkwkwkwk.. (pengalaman pribadi neh). Emang gak ada maksud apa-apa, bukan ngarep ingin balikan juga. Cuma Anda pengen tahu aja gimana keadaan mantan Anda sekarang. 
2. Anda paling tidak mau ketemu mantan dalam keadaan tidak siap! Maunya kalau pas ketemu mantan, Anda tampil oke. Biar tidak malu.
3. Meskipun sudah heppy sama pacar yang sekarang, tapi kalau keinget mantan bisa tiba-tiba jadi galau, meski cuma sedikit. Biasanya kalau lagi bergalau ria di malam hari, itu bukan karena gebetan/pacar tapi karena mantan! Awas jangan sampai pacarnya tahu lho. Kasian. Galau karena teringat mantan itu normal. Memori tidak bisa dihapus. Jadi jangan marah kalo pacar Anda teringat mantan-nya juga. Cuma tentu saja jangan sampe memori tentang mantan sampai mengganggu kebahagiaan Anda dengan pacar/gebetan yang sekarang. 
4. Dari semua mantan Anda, pasti ada 1 yang paling berkesan dan membekas. Istilahnya,mantan favorit Anda Ngaku lagi, ayo! Nah, galau yang Anda rasakan tadi itu biasanya karena sang mantan favorit ini. Bukan mantan yang lain. Percaya atau tidak, mantan favorit Anda akan selalu punya tempat khusus di hati Anda meski Anda sudah menikah suatu saat nanti. So, bagaimana caranya supaya bisa buang semua ekses emosi negatif dan tetap berhubungan baik dengan mantan? Ada tipsnya nih..
Apapun drama yang terjadi pas putus hubungan, berantem parah, saling kasar dan menyakiti, itu bukan masalah mantan. Setelah semuanya reda, mungkin beberapa minggu (atau hitungan bulan) setelahnya, Anda wajib lakukan yang dalam istilah saya, saya menyebutnya CLOSURE, lakukan closure dengan mantan. CLOSURE adalah pernyataan resmi dari diri Anda untuk mantan bahwa Anda menutup hubungan tersebut dengan baik-baik. Ajak mantan Anda ketemuan, dia pasti mau kok bila Anda memintanya dengan baik. Kalo dia masih belum mau, tidak apa-apa.. sabar aja. Masih ada next time. Pas ketemuan sama mantan, jelaskan perasaan Anda padanya TANPA membahas hubungan Anda dengannya dan jangan pernah menyalahkannya. Katakan bahwa Anda mengerti semua yang telah terjadi dan menghargai apapun keputusannya. Minta maaf padanya atas semua salah Anda. Dan tentu saja, Anda juga harus bisa memaafkan mantan atas semua kesalahan yang pernah dia lakukan selama dalam hubungan. Ini penting! Jangan lupa juga bilang terima kasih secara tulus untuk smua kenangan. Ingat, bagaimanapun juga Anda pernah bahagia bersama mantan. Dan terakhir, ajak dia untuk bersama-sama menutup hubungan ini dengan baik-baik. Bilang pada mantan untuk jaga diri baik-baik dan semoga dia bahagia. Bilang juga pada mantan bahwa Anda akan selalu jadi sahabatnya, bahwa dia bisa hubungi Anda kapan saja dia butuh teman. Tentu saja, akhiri pertemuan tersebut dengan sebuah jabat tangan atau pelukan yang hangat dengan mantan. Tapi yang terpenting adalah, Anda tulus melakukan CLOSURE tersebut! Bila Anda masih ngarep atau benci, maka ini percuma saja. Bila Anda tulus, maka Anda akan merasa lega luar biasa dan bisa move on tanpa beban. Trust me on this! 
CLOSURE adalah penetralisir mujarab hubungan yang rusak. Anda dan mantan bisa mulai sebuah hubungan baru sebagai sahabat.
Terus terang, saya lebih suka curhat sama mantan dari pada sama orang lain. Karena dia sudah kenal saya luar dalam, jadi bisa jujur dan blak2an. Dan malam inipun saya teringat kata seseorang "Kita harus bangkit. Ayo semangat. Jangan betah berlama-lama dititik trendah ini trz. Tidak perlu menyesel. Semua sudah terjadi. Semua sudah digariskan oleh Allah."
Semoga membantu
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
waiting update.

 ·  · Share · 
Views: 362 | Added by: avacschat | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Romansa
Calendar
«  January 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
Translate
Search
Entries archive
Site friends
  • Romansa





  • Romansa
    Currency
    Copyright Romansa©2009Eex Ferrilianto