Monday, 18 Dec 2017, 23.28.44

ROMANSA

Main | Blog | Registration | Login
Site menu
Section categories
Broken Heart Survival Guide [170]
ANDA SAMPAI DI HALAMAN INI, KARENA ANDA SEDANG MERASAKAN KEBINGUNGAN AKIBAT PATAH HATI DAN PUTUS CINTA KARENA BERPISAH DENGAN KEKASIH ANDA.
Share
Love Calculator
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Login form
Real Music

MusicPlaylist
Main » 2009 » November » 10 » Antara Jomblo dengan "Men Are From Mars, Women Are From Venus"
12.32.38
Antara Jomblo dengan "Men Are From Mars, Women Are From Venus"

Kemarin saya menemukan sesuatu yang mengejutkan pada sebuah brosur yang tersebar di toko buku kenamaan. Bahwa akan diadakan seminar yang diklaim sebagai 'seminar cinta terdahsyat' berjudul Mars & Venus at Home & in the Workplace Seminar!

Dengan tiga variasi biaya antara Rp. 1.250.000 hingga Rp. 4.500.000, ratusan peserta akan mendapatkan tiga pembicara Aa Gym, Tung Desem Waringin, dan sang penulis internasional, Dr. John Gray Ph.D.
Seminar cinta terdahsyat, katanya.

I was like, "What the..."

Siapa sih jaman sekarang yang belum pernah mendengar buku Men Are From Mars, Women Are From Venus ? John Gray menulis buku itu pertama kali pada tahun 1992 dan langsung menjadi hit yang terus menjadi best seller hingga sekarang. 
Semenjak tahun 1992 itu, John Gray terus melebarkan idenya tersebut secara komersil hingga menjadi setidaknya 14 buah seri buku dengan embel-embel Mars-Venus pada setiap judulnya, berikut sejumlah mini artikel terkait yang dia publikasikan di media massa. 
Begitu populernya, setiap orang menjadikan buku itu sebagai panduan utama untuk bidang romance dan relationships. Bahkan John Gray juga dinobatkan (entah oleh siapa) sebagai pembicara dan penulis tentang relationship nomor 1 di dunia sepanjang masa. 
Dianggap sebagai ahli dalam bidang tersebut, dari manakah John Gray mendapatkan semua pengetahuannya tersebut? Apakah berkat bertahun-tahun mengejar gelar Dr. dan Ph.D-nya itu? 
Majalah Newsweek edisi 2 Oktober 1995 menulis bahwa John Gray menghabiskan waktunya selama sembilan tahun sebagai biksu buddhis di Switzerland, mempelajari meditasi dan pencerahan spiritual langsung dari Maharishi Mahesh Yogi.
Gelar Ph.D didapatkannya dari sebuah kursus jarak jauh via pos dari sebuah universitas di Kolombia yang diragukan keberadaannya. Sementara predikat gelar Dr. di depan namanya itu tidak lain dari sekedar panggilan yang diberikan orang karena dia rajin mengisi rubrik romance di berbagai majalah, bukannya gelar doktoral seperti yang kamu kira.
Jadi secara akademis, Mars-Venus sangat-sangat perlu diperhitungkan keakuratannya. Bukan saja John Gray menipu para pembacanya, tapi juga menipu American Counseling Association (ACA) dan International Association of Marriage and Family Counselors (IAMFC) yang mengharuskan anggotanya memiliki akreditasi akademis yang jelas.

Saya kebetulan memang hanya menganggap tulisan John Gray tidak lebih dari sekedar bacaan motivasi, bukannya ilmu dan teori yang ilmiah.
Rasanya kamu juga perlu mengambil posisi seperti itu terhadap buku-bukunya, atau buku-buku lain seputar romance yang mengaku best-seller.
Entah apakah hal-hal itu dianggap biasa saja atau tidak diketahui banyak orang, semakin banyak cewek berbondong-bondong membaca seri-seri Mars-Venus untuk meningkatkan pemahamannya untuk mengerti jenis pola komunikasi dan bagaimana menghindari masalah-masalahnya dalam berhubungan. 
Demikian juga dengan cowok-cowok jomblo di sana, berpikir buku Mars-Venus dapat memberikan mereka senjata ampuh untuk mendapatkan cewek yang sesuai dengan diinginkan. 
Tapi kenyataan berkata sebaliknya, guys.

Kenyataan berkata bahwa tidak peduli kamu hanya membaca hanya satu atau seluruh 14 seri Mars-Venus, hal-hal tersebut tidak akan membuatmu sedikitpun lebih berhasil memiliki hubungan yang kamu impi-impikan.
Tidak sama sekali, guys. 
Mengapa?

Karena Mars-Venus adalah konsep dan metode yang dikembangkan oleh John Gray untuk meningkatkan kualitas hubungan antar-kekasih atau suami-istri dengan cara memahami kebutuhan emosi dari pasangannya. 
Bagaimana mungkin kamu bisa meningkatkan kualitas hubungan jika kamu BELUM memiliki hubungan apa-apa yang bisa ditingkatkan?
Bagaimana mungkin kamu bisa mempraktekkan seluruh pola komunikasi empati yang diajarkan jika kamu BELUM memiliki calon partner yang bisa diajak untuk berdialog?

Bagaimana mungkin kamu bisa membahagiakan pasanganmu jika kamu masih menganggap dirimu sendiri kering dan menyedihkan?

Bagaimana mungkin kamu bisa benar-benar memahami pola emosi pasangan jika kamu BELUM memiliki konsep yang solid tentang emosi dan identitas dirimu sendiri ?

Saya bisa melihat kamu menganggukkan kepala bersamaan dengan saya.

Wahai cowok-cowok jomblo dan lossy Indonesia, kamu tidak akan bisa meningkatkan sesuatu yang belum kamu miliki!
Mars-Venus didedikasikan kepada para pasangan dan suami-istri yang memiliki masalah dalam membina hubungan. 
Jika kamu jomblo, kamu memang memiliki masalah, tapi justru masalah untuk memiliki hubungan, sama sekali bukan masalah dalam membina hubungan.
Kamu bisa melihat mengapa Mars-Venus tidak akan membantu banyak dalam usahamu menuntaskan hari-hari jomblo itu?
Cukup mengerti perbedaan pola berpikir dan komunikasi antara cowok-cewek tidak akan membantu jika kamu tidak memiliki perangkat yang tepat (misalnya power demonstration ) untuk menciptakan romance dalam hubungan persahabatanmu. 
Bahkan yang banyak terjadi justru kamu sulit sekali untuk masuk ke dalam hubungan romance jika kamu sudah terkenal sebagai seorang sahabat cowok yang serba pengertian, nyaman dan empatik dengan cewek. Baca notes saya sebelumnya untuk mengetahui lebih jelasnya.
John Gray dan peta Mars Venus-nya tidak memberikan banyak pelajaran tentang apa yang harus kamu lakukan untuk menginisiasi sebuah hubungan. Kalaupun ada, malah saran-saran yang idealis dan tidak berlandaskan pada realita. Contohnya adalah menyarankan agar kamu rajin mentraktir, memberi hadiah, menjadi teman curhat,dan memberikan respon sesuai yang diminta untuk memenangkan hati si cewek. 
Dalam notes saya di facebook ini, kami sudah berulang kali membongkar mengapa hal-hal tersebut justru sebuah kesalahan yang fatal dalam PDKT. Bahkan saya sudah dengan panjang lebar menguraikannya dalam notes Kesalahan Yang Sering Dilakukan Cowok Ketika Berhubungan Dengan Cewek Impiannya. 
Jadi dimanakah letak posisi saya terhadap tren Mars-Venus yang semakin beredar populer belakangan ini?

Sederhana saja.
Kalau kamu ingin mencari bagaimana caranya untuk berkomunikasi dengan lebih baik, bagaimana cewek dan cowok mengembangkan persepsi satu sama lain, kamu tidak akan rugi jika memilih Mars-Venus sebagai koleksi utamamu.
Tidak jarang saya mengacu kepada berbagai pemahaman John Gray. 
Despite all of its misleading background and information, it's really a good book, indeed.

Tapi kalau kamu mencari solusi jomblo, jauhkan diri dari John Gray dan Mars Venus-nya. Kamu bukan akan sekedar tersesat di sana, tapi juga merasa putus asa karena lelah sudah melakukan segala macam tanpa tidak pernah melihat hasil yang dijanjikan.
Kami tidak bermusuhan. Tidak sama sekali.
Justru Mars-Venus bisa menjadi buku referensi yang sempurna setelah kamu sudah mengikuti notes notes saya, karena di sana kamu akan diperlengkapi untuk mengembangkan dirimu menjadi cowok yang menarik serta memiliki modal strategi perburuan romance yang membuahkan hasil.
Menjadi cowok yang bisa menarik cewek-cewek bukan sekedar bisa mengerti dan memahami apa yang mereka inginkan, tapi juga harus memiliki nilai sosial yang tinggi. Dan untuk memiliki nilai tinggi seperti itu, kamu harus bisa memainkan sejumlah game yang ada dalam masyarakat.
Mars-Venus langsung membicarakan game yang terjadi dalam hubungan, sementara notes notes saya ini berurusan dengan berbagai game yang terjadi pada masa-mas inisiasi hubungan. 
Kamu sama sekali tidak perlu malu untuk mempelajarinya karena memang tidak pernah ada orang yang pernah mengajarkanmu tentang ini semua sebelumnya.

Teman teman saya sama sekali tidak merasa dipermalukan dengan keikutsertaan mereka dalam proyek penelitian seperti ini. Justru mereka merasa bangga karena berani mengambil kesempatan yang tidak banyak cowok lainnya bisa lakukan.

 ·  · Share 
Category: Broken Heart Survival Guide | Views: 293 | Added by: avacschat | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Romansa
Calendar
«  November 2009  »
SuMoTuWeThFrSa
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930
Translate
Search
Entries archive
Site friends
  • Romansa





  • Romansa
    Currency
    Copyright Romansa©2009Eex Ferrilianto